Selasa, 07 Juni 2011

MENGAPA ANDA MASIH JUGA TIDAK SEGERA BERUBAH

Ada empat kebiasaan mengapa banyak orang tidak segera melakukan perubahan dalam hidupnya ,terutama dalam persoalan ekonomi.
Keempat kebiasaan yang dimaksud adalah:

Pertama: pengingkaran terhadap realitas yang sudah jauh berubah
Orang-orang disekitar kita yang tetap saja tidak mau melakukan perubahan dalam ekonominya umumnya menginginkan kenyataan lingkungan kerjanya sudah jauh berubah. Tiba-tiba mereka merasa jauh tertinggal oleh orang-orang disekitarnya, akhirnya mereka menyerah dengan keadaan itu.

Kedua: arogansi, enggan menerima umpan balik 
Secara filosofis sering dikatakan, kita diberi dua telinga oleh Tuhan dan hanya dianugrahi satu mulut tujuan agar kita lebih sering membuka diri dengan cara menerima nasehat, umpan balik, saran dan kritik membangun daripada mengkritik, menyalahkan, menggurui dan sebagainya.

Jadi ketika sejumlah orang tidak mau berubah, ini lebih disebabkan ketidakpahaman bahwa umpan balik, saran dan kritik sejumlah orang jauh lebih menguntungkan dari sekedar pemahaman dan persepsi dari diri kita  sendiri terhadap berbagai problem.

Ketiga: sikap puas diri
Sikap ini membuat sejumlah orang merasa sudah cukup dengan apa yang sudah dicapai. Sikap ini menciptakan rasa tidak perlu lagi berubah, karena semua yang dibutuhkan sudah tersedia.
Keempat: tidak menyadari adanya persaingan
Kompetensi, persaingan, adu hebat, cepat-cepatan atau apapun istilahnya menciptakan rangsangan kesadaran untuk memenangkan kompetensi atau persaingan itu. Sebaliknya kehidupan yang berjalan datar-datar saja, tanpa ada persaingan membuat banyak orang tidak terdorong dan tidak tertantang melakukan sesuatu dengan cara terbaik dan paling baik dalam hidupnya. (Ahmad Arqom, Majalah Oase LMI, Juni 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar